Friday, February 27, 2015

Kasus Hilangnya Batu Zamrud (Maisie Hitchins #2)

image

Kali ini mau bahas buku anak lagi, tulisan Holly Webb yang buku pertamanya sempat saya coretkan beberapa waktu lalu.

Maisie Hitchins, gadis kecil yang bercita-cita menjadi detektif kali ini berkutat dengan kasus hilangnya kalung milik teman Miss Lotie Lane (yang merupakan salah satu penghuni kamar yang disewakan oleh nenek Maisie) yang bernama Sarah Massey.

Sarah Massey yang bertamu ke tempat Lotie Lane menangis sambil bercerita bahwa dia akan menikah dengan salah satu penontonnya, yang ternyata adalah seorang Duke. Sebuah kabar gembira? tentu saja. Akan tetapi ada hal yang membuat Massey sedih dan menangis ketakutan.

Kasus dimulai saat hilangnya kalung yang diberikan oleh Duke tersebut berliontinkan batu zamrud. Kalung tersebut pada awalnya disangka imitasi oleh Sarah tapi pada kenyataannya adalah batu zamrud asli bernilai mahal, Kalung tersebut juga merupakan benda yang diberikan turun temurun oleh keluarga Duke tersebut untuk mempelai wanita yang digunakan saat mereka menikah,

Penyelidikan Maisie dibantu oleh Eddie, anjing yang diselamatkannya pada buku pertama. Ternyata, sang pelaku juga membuat jebakan-jebakan lain untuk Massey saat penyelidikan berlangsung. Petunjuk demi petunjuk Maisie kumpulkan temukan. Sampai pada akhirnya dia menemukan pelakunya. Yang ternyata adalah ...




Saya suka buku anak.

Bahasanya yang sederhana dan penceritaan yang tidak bertele-tele, sederhana sehingga tidak terlalu menguras pikiran untuk anak-anak. Begitu halnya dengan buku ini.

Apabila pada buku pertamanya mungkin sedikit membingungkan bagi anak-anak karena penyelesaiannya yang tidak terlalu jelas, kali ini Webb berhasil menyuguhkan cerita dengan bertahap sampai saat klimaks. (Ditambah dengan akhir yang menantang menyenangkan bagi Maisie :P)

No comments:

Post a Comment