Tuesday, January 19, 2010

Pengamen...Pengemis...


Apa sih mereka? Siapa sih mereka? Apa yang mereka lakukan ? Kenapa mereka melakukannya ?

Mikir-mikir tentang mereka berdua....karena ga ada kerjaan yang harus dikerjakan dan daripada nggak ngerjakan pekerjaan yang harus dikerjakan...maka sedikitnya punya waktu luang buat nulis hal yang mungkin ga guna ini.

Hasil pemikiran tak serius sembari dengerin suara genderang perang 'cacing' perut yang sedari pagi belum disupply....
  1. Pekerjaan yang mereka lakukan sama : Mencari uang hasil simpati orang-orang yang lewat (meski sekarang beralih ke sedikit PAKSAAN! untuk memberikan).
  2.  'Alat' yang mereka gunakan sama : Tangan. Meskipun ada sedikit perbedaan tentang cara penggunaannya. Pengamen yang dibantu dengan gitar dan suara yang kebanyakan nyaring. Dan Pengemis yang tanpa dibantu apa-apa tapi dengan segala kekuatan dan perjuangan untuk menengadahkan tangan mereka :P.
  3. Alasan yang mereka berikan saat ditanya : Alasan ekonomi! kebutuhan ekonomi yang semakin mahal dan susahnya mencari pekerjaan pada saat ini (Mo bilang malas aja kok repot).
fyu~~ capek juga ternyata mikir serius...hehehehe

Tapi buatku. Apapun alasan yang mereka kemukakan hal itu tak lebih hanya sebuah kalimat untuk mengizinkan apa yang mereka lakukan. Saya lebih bersimpati pada orang yang jualan sapu lidi, buruh panggul ato buruh cuci daripada mereka. Mereka yang kebanyakan masih muda, mencari jalan pintas dengan sedikit memaksa, tak tau aturan dan kadang berkata kotor kalo tidak diberi. Belum lagi liat orang-orang di perempatan jalan yang lalu lalang saat lampu merah menyala...mengetuk kaca mobil dan minta jatah mereka. Yang tak habis pikir adalah anak-anak kecil yang mereka bawa  (bahkan mereka suruh untuk mengemis) agar orang memberikan uang lebih. Ato para pengemis sekarang yang menemukan inovasi baru yaitu dengan berkelompok. Kalo yang datang lima yang harus diberi 5...kalo ga 5 ya komplain (bikin ketawa orang aja)...Orang tua yang nglairin cuman buat ngemis ato disewain buat ngemis...Pagi-pagi udah diturunin pake truk...Pengemis-pengemis impor dari daerah sekitar...Tapi, yah....apapun itu dan apapun yang mereka lakukan selama ga merugikan aku ato buatku emosi ya ga masalah......

Dan bagaimanapun juga mereka sama dengan kita. Manusia yang tidak boleh direndahkan (kecuali kalo mereka merendahkan diri mereka sendiri). Bukannya sombong, tapi saya tidak suka dengan apa yang mereka lakukan...bukan siapa yang melakukan.....

Intinya...aku sendiri ga ngerti apa yang aku omongin......hahaha.....

No comments:

Post a Comment